Sabtu, 11 Februari 2012

Cara Memaksimalkan Manfaat Latihan Kardio (By: Istiani)

Kardio merupakan jenis olahraga yang berfungsi menguatkan jantung dan paru-paru. Gerakan-gerakan dalam olahraga ini membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Latihan fisik ini biasanya dilakukan untuk membakar kalori berlebih dan lemak dalam tubuh. Lebih dari itu, latihan kardio bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, mengontrol berat badan dan meningkatkan mood.

Oleh karena itu, banyak para ahli menyarankan untuk melakukan aerobik setiap hari. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari latihan ini, Anda harus memerhatikan durasinya.

"Kita perlu olahraga untuk membakar lemak dan kalori berlebih. Tapi jangan sampai tubuh kekurangan oksigen. Akibatnya, yang terbakar bukan lemak tapi otot," jelas Dr. Inge Permadhi, MS, Sp.GK, ahli nutrisi klinis, kepada Wolipop.

Lalu, berapa durasi yang tepat untuk latihan kardio? The American College of Sports Medicine seperti dilansir Livestrong, merekomendasikan 30 menit adalah waktu yang tepat. Melakukan aerobik selama setengah jam setiap hari, cukup untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit kronis bagi orang dewasa dengan kondisi badan normal (tidak sakit atau lelah).

Tapi bila Anda ingin mempercepat pembakaran kalori, aerobik bisa dilakukan selama 60 menit. Jika merasa tidak sanggup latihan secara intens dalam satu sesi, Anda bisa membaginya menjadi dua sesi; 30 menit di sesi pertama, dan sisanya di sesi kedua. Beri jeda waktu 10 menit untuk istirahat.

Intensitas dan frekuensi yang tepat bisa membantu Anda mendapatkan keuntungan maksimal dari latihan ini. Lakukanlah Aerobik sesuai frekuensi yang direkomendasikan, yaitu lima hari seminggu.
Jika Anda masih bisa berbicara lancar (tidak terengah-engah) saat melakukan gerakan aerobik, berarti Anda berada dalam intensitas latihan yang tepat. Namun untuk memastikannya, cobalah hitung detak jantung Anda dengan alat pengukur khusus yang biasanya disediakan di tempat fitnes.

Meskipun latihan kardio memberi banyak manfaat bagi tubuh, Anda tetap harus memeriksa kondisi kesehatan. Bila Anda pernah mengalami sakit parah, atau kondisi yang tidak aman untuk olahraga, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum memulai latihan ini. Bagi pemula, jangan langsung ikut sesi olahraga dengan intensitas tinggi karena bisa menyebabkan cedera. Pilihlah latihan aerobik yang nyaman buat Anda, sehingga tidak cepat bosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar