Sabtu, 11 Februari 2012

Bridge Olahraga Adu Kecerdasan (By: Istiani)

JAKARTA - Banyak yang tidak tahu bahwa di Indonesia ada sebuah cabang olahraga yang membuat Indonesia terkenal di dunia Internasional. Bukan sepakbola, bukan pula Bulutangkis, namun hal itu diukir oleh Bridge yang merupakan olahraga dengan menggunakan media kartu.

Menurut penuturan Rustam Effendy yang merupakan ketua Binpres PB GABSI, Organisasi Bridge di Indonesia sendiri sudah hadir sejak lama, didirikan 12 Desember 1953 oleh Willy Th. Roring. Mantan perwira TNI AL tersebut bersama sejumlah rekannya sepakat untuk mendirikan organisasi olahraga Bridge yang bernama Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI).

“Bridge itu olahraga otak, mengandalkan kecerdasan pemikiran. Namun berbeda dengan catur, olahraga ini bukanlah permainan individu melainkan permainan tim karena dimainkan oleh dua orang sebagai satu tim,” ujar Rustam ketika ditemui di kantor sekretariat PB GABSI, SUGBK, Senin (5/7/2011).

Prestasi yang diukir dari Bridge itu sendiri sangatlah banyak, dengan berkali-kali menjadi juara di tingkat ASEAN dan Internasional. Rustam sendiri berpendapat hal inilah yang membuat Indonesia disegani di kancah olahraga Bridge.

Bridge nantinya akan menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan di kancah SEA Games XXVI November nanti. Yang mengejutkan adalah ternyata SEA Games tersebut merupakan kali pertama olahraga ini diturunkan di ajang pentas olahraga multievent. Walau sempat terancam batal diturunkan namun Rustam pun memastikan kepastian diturunkannya Bridge karena semua persyaratan sudah terpenuhi.

“Persyaratan minimal harus peserta dari luar negeri itu ada 3 negara, tetapi kami bisa pastikan karena kami sudah lobi dengan Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina yang sudah pasti ikut. Minimal bersama tuan rumah ada lima negara, dan itu sudah kita pastikan ada. Kita sudah lobi mereka dan mereka sudah pasti hadir,” paparnya dengan yakin.

Rustam pun menjabarkan bahwa soal lawan terberat itu diukur berdasarkan permainan dan jenisnya. Contohnya untuk permainan Open Team, Singapura menjadi negara yang patut diwaspadai. Indonesia sendiri akan memberangkatkan 18 pemain di SEA Games nanti, dan akan bertarung di sembilan nomor yang di pertandingkan.

“Kita Optimistis. Dari sembilan nomor yang dipertandingkan, lima di antaranya kami targetkan menang dan meraih emas,” pungkasnya.

Bridge bukan hanya sekedar permainan kartu dan dimainkan untuk mengisi waktu luang. Olahraga Bridge adalah olahraga adu kecerdasan dan kini siap mengharumkan nama bangsa dengan mengukir prestasi di SEA GAMES XXVI mendatang.
(seb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar