Minggu, 15 Januari 2012

SEA Games (Renang) - Bangkitnya Perenang Muda Indonesia (by :Isti)

Palembang (ANTARA) - Pascamenurunnya prestasi renang Indonesia sejak ditinggal Ricard Sambera dan Elfira Rosa Nasution era 1990-an, kini di SEA Games XXVI/2011 tanda bangkitnya kembali perenang muda mulai terlihat.
Bintang yang bersinar pada SEA Games 2011 dari cabang renang Indonesia ada Yessy Yosaputra dan I Gede Siman Sudartawa berhasil mengukir prestasi gemilang dengan memecahkan dua rekor baru SEA Games serta menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.
"Selain itu tim renang Indonesia juga telah memenuhi targetnya meraih enam medali emas seperti yang ditetapkan KONI Pusat. Bahkan kabar yang menggembirakan adalah tiga dari tujuh rekor baru SEA Games berhasil terpecahkan oleh perenang muda Indonesia," kata tim Manajer Renang Indonesia, Bambang usai perlombaan Kamis (17/11).
Dia menambahkan, ini suatu tanda akan kembalinya kejayaan olahraga renang Indonesia dengan lahirnya munculnya atlet muda yang sudah bisa menunjukkan prestasinya.
Selain Yeesy dan Siman keduanya merupakan atlet spesialis gaya punggung tersebut, atlet muda Indonesia lainnya yang juga bersinar di SEA Games kali ini ada Indra Gunawan peraih emas 50 meter gaya dada putra.
Kemudian Idham M Dasuki juga perenang muda gaya dada yang meraih perunggu di 200 meter gaya dada dan Gleen Victor Susanto yang perak 50 meter kupu-kupu selain itu serta Triady Fauzi juga perenang muda yang dipersiapkan untuk masa depan.
Kamudian diputrinya selain Yessy, Indonesia memiliki Ressa K Dewi peraih medali perunggu 400 meter gaya ganti perorangan dan Riana Saumi perak nomor 200 meter gaya kupu-kupu.
Kemudian lagi perenang muda lainnya dibagian putri ada Monalisa peringkat enam final SEA Games.
"Yang membanggakan pada SEA Games kali ini adalah secara kualitas dan kuntitas sudah ternenuhi baik target emas dan pemecahan rekor baru," kata Bambang.
Sementara itu mantan pelatih nasional M Radja Nasution yang ada ikut menyaksikan perlombaan cabang renang SEA Games di Palembang juga menagatakan, inilah era kebangkitan cabang renang Indonesia.
Munculnya perenang muda yang secara kualitas dan kuntitas sudah tercapai targetnya sehingga tinggal bagaimana sistem pembiayaannya pada masa depan.
"Saya yakin melihat materi yang ada saat ini ke depannya pasti akan bisa terukir kembali kejayaan renang Indoesia," kata Elfira Rosa Nasution mantan ratu renang Indonesia.
Kelima medali emas Indonesia tersebut dipersembahkan oleh Siman Sudartawa yang menyumbangkan dua medali emas dari nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung.
Sedangkan Yessy berhasil memecahkan rekor baru dinomor 200 meter gaya punggung putri dengan waktu 2 menit 15,73 detik

Prestasi yang luar biasa diciptakan Yessy setelah dirinya memecahkan rekor yang sejak 18 tahun lalu tidak terpecahkan atas nama Akkiko Thomson asal Philipina yang dibuatnya pada SEA Games 1993.
Sementara itu Menpora Andi Alfian Mallaranngeng juga menegaskan, ini merupakan momentum kebangkitan olahraga terukur Indonesia untuk menjadi "Raja di Asia Tenggara".
Untuk cabang renang Indonesia memiliki perenang muda seperti I Gede Siman Sudartawa yang berusia 16 tahun sudah bisa memecahkan rekor baru.
Pemerintah akan memperjuangkan dan mempertahankan para prestasi perenang muda muda yang telah dicapai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar